Cara Mengatasi Burung Cendet/Pentet Salto dengan cepat dan tepat

Cara Mengatasi Burung Cendet/Pentet Salto Cepat dan Tepat



Cendet/Pentet  merupakan salah satu burung kicau yang memiliki suara kicau yang indah dan bervariasai karena burung cendet/pentet bisa menirukan suara burung lainnya. Tergantung pada kecerdasan yang dimilki oleh si burung tersebut dan tidak lupa melakukan perawataan dan pemasteran yang maksimal untuk membuat burung cendet/penten yang kita miliki dapat membanggakan juragan atau pemiliknya. Burung Cendet/Pentet adalah burung predator yang gitras tetapi burung cendet/pentee merupakan spesies burung yang cerdas karena dapat menirukan hamppir semua suara burung lainnya. Burung Cendet/pentet memilki sifat teritorial dan cenderung galak karena di alam liar burung cendet/penten merupakan burung predato. Maka tak jarang jika kita hendak memegang cendet/pentet yang liar, maka bisa-bisa tangan kita dipatuknya. Tetapi jika kita memelihara cendet sedari piyikan/anakan maka sifat galaknya akan hilang. Burung cendet/pentet mampu berkicau secara maksimal adalah cendet/pentet yang berkelamin jantan dibandingkan cendet betina.

Naaah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang burung cendet/pentet yang giras sehingga menyebabkan salto (Mengatasi Burung Cendet/pentet Salto). 
Permasalahan ini sering di alami oleh semua pecinta burung cendet/penet baik yang masih pemula/baru maupun yang sudah lama bisa di bilang masternya pasti pernah mengalamin hal tersebut. 
Cendet/pentet salto tentu saja mempunyai penyebab burung cendet/pentet salto ? Permasalahan ini bagi penghobi cendet yang masih pemula atau awam, hal ini akan menjadi masalah yang sangat rumit. Karen tiba-tiba burung cendet/pentet berubah menjadi giras dan mogok bunyi tanpa sebab yang jelas dan sering salto.Burung cendet/pentet yang salto dan tidak mau bunyi adalah tanda-tanda burung tersebut mengalamin stres atau kondisi yang kurang vit. Burung dalam kondisi ini tidak nyaman terhadap sesuatu atau pola perawatan yang berkurang, bahkan merasa ketakutan dengan ke adaan sekitar dan pola perwatan yang kurang menjadikan burung bertambah stres, burung tidak hanya berhenti bunyi dan salto namun bisa juga jadi gelabakan apabila ada sesuatu yang mendekat atau sesuatu yang di takuti.

Cara terbaik menangani burung cendet/pentet salto adalah kita harus mengetahui sebab akibat yang membuat burung cendet/pentet salto. Namun jika Anda benar-benar tidak memahaminya tentang penyebab burung cendet/pentet anda yang sering salto, sebaiknya anda melakukan beberapa hal berikut.
kinjungi juga perawatan burung cendet di bawah ini:
  1. Mencari setelan EF: Cari setelan EF yang paling pas untunk burung cendt/pentet. Cara mengatasi Burung Cendet/Pentet Salto. Burung cendet yang kelebihan EF, akan berdampak besar terhadap birahi burung cendet/pentet sekalipun hanya satu ekor jangkrik saja, sangat berpotensi menyebabkan cendet birahi sehingga menyebabkan salto. Bila burung cendet/pendet anda kelebihan birahi mak cukup mengurangi EF nya saja dengan cara mengurangi setelan jangkri yang biasanya pemberian jangkri pagi 5 sore 5 menjadi pagi 4 sore 4 jangan sampai lelah untuk mengotak-atik setelan EF yang benar-benar pas dan bereksperimen untuk mendapatkan setelan yang paling pas untuk burung cendet/pentet. (catatan "setiap burung cendet/pente  mepunyai karakter dan setingn EF yang berbeda-beda")
  2. Full kerodong: Penanganan pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi cendet yang salto dan mogok bunyi tersebut adalah mengerodongnya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya kondisi burung tidak semakin parah sehingga penanganannya pun akan bertambah berat. Pengerodongan ini bisa dilakukan dalam waktu yang tidak bisa ditentukan karena harus melihat kondisi burung. Jika burung telah mengalami perkembangan, pengerodongan bisa dihentikan dan dilakukan ketika malam hari saja.
  3. Mandi malam: Pemandi malam sangat dibutuhkan untuk mengembalikan kondisi burung cendet/pentet. Karena mandi malam ini memberikan manfaat yang sangat penting untuk  menjaga kebugaran burung cendet/pentet. Melakukan mandi malam setiap 3 hari sekali atau seminggu bisa 2 sampai 3 kali sangat penting Anda lakukan. Karena burung masih dalam kondisi stres, sebaiknya semprotan harus disetel embun dan atur jarak agar tidak terlalu dekat dengan burung. Sebab dikhawatirkan burung malah menjadi ketakutan sehingga akan trauma pada Anda.Saat burung selesai mandi, angin-anginkan terlebih dahulu kurang lebih 10 menit. Selanjutnya bisa langsung dikerodong dan masukkan ke dalam rumah.
  4. Melakukan Pengembunan: pada pagi hari juga bisa dilakukan pengembunan. Pengembunan bisa anda lakukan dari jam 05.00 sampai jam 70.00 saat burung siap di mandikan di pagi hari. pengembunan sangat bermanfaat untuk menurunkan birahi burung cendet/pentet
  5. Mengganti Tangkringan: Tangkringan yang pas akan membuat cendet/penteng nangkring dengan tenang meskipun kasusnya tidak terlalu sering, cendet/pentet yang tidak cocok dengan pangkringannya juga berpotensi salto. Dalam beberapa kasus, cendet seperti ini biasanya tidak hanya salto namun juga ngelabrak sangkarnya karena burung tidak nyaman dengan tangkringannya. Tangkringan bisa meliputi ukuran (besar dan kecil, menyilang atas bawa dan berjajar atasbwah), bentuk, bahan, dan pola penempatan sangan berpengaruh terhadap kenyaman burung. Karenanya, selalu awasi dan bereksperimen perihal tangkringan adalah hal paling penting untuk menemukan solusi cendet anda supaya tidak salto.
Burung cendet/penet salto adalah hal yang biasa karena itu adalan karakter dari burung cendet/pentet tersebut. Tetapi apabila satol yang dilakuan burung berlebihan maka harus segera melakukan perawatan seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Namun biasanya, hal ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Karenanya dalam memelihara burung cendet/pentet memerlukan kesabaran yang tinggi, Anda harus bersabar selama proses penyembuhan ini. Karena kesabaran dan ketelatenan anda dalam melakukan perawatan adalah kunci udama kesuksesam dalam merawat burung cendet/penet. yang paling penting adalah perawatan harian dan setelan EF yg pas.


Jangan lupa membagikan Artikel ini supaya semua pecinta burung cendet/pentet bisa mengatasi permasalan yang sudah saya bahas di atas.
Semoga bermanfaat . . .   TERIMA KASIH !!





First


EmoticonEmoticon