Cara Ampuh Mengatasi Burung Kenari Macet Bunyi dengan Cepat dan Benar


9 Cara Ampuh Mengatasi Burung Kenari Macet Bunyi dengan Cepat dan Benar
Burung Kenari atau Serinus canarai adalah jenis burung kicau, burung ini memiliki fariasi warna bulu yang indah seperti warna kuning, hijau, putih, merah dan lainnya serta memiliki suara yang merdu.
Ada banyak jenis keneri diantaranya Kenari Norwich, Kenari Border, Kenari Yorkshire, Kenari Gloster, Kenari Roller, Kenari Belgian, Kenari Frill, Kenari Chest, Kenari Cinnamon, Kenari Lancashire, Kenari London Fancy, Kenari Fife Fancy, dan Kenari Red Intensive
Kenari adalah satu jenis burung yang banyak digemari oleh para pecinta burung kicau baik untuk burung masteran ataupun untuk dilombakan. Burung ini banyak dipelihara atas beberapa alasan, salah satunya karena burung ini mempunyai suara yang merdu, Selain itu, burung kenari juga relatif mudah dalam perawatan dan pakan yang mudah dan sangat murah, Burung kenari merupakan burung pemakan biji-bijian, burung ini bila sudah gacor atau sudah rajin berbinyi dalam berbunyi maka burung kenari akan sering sekali berkicau sesuka hatinya tanpa henti. Baik pada siang ataupun malam hari.

Akan tetapi ada kemungkinan suatu saat burung kenari yang kita pelihara itu tiba-tiba berubah dengan drastis. Tiba-tiba, burung kenari yang kita miliki, tidak mau berbunyi dan bahkan tidak bersuara sama sekali. Apa yang perlu kita lakukan ketika hal ini terjadi ? Sebelumnya, kamu tidak perlu terlalu khawatir karena sebagian besar para pemelihara burung kenari lainyan pun juga mengalami hal yang sama, banyak burung kenari yang juga tiba-tiba diam tidak mau mengeluarkan kicauwanya yang merdu. Kamu tidak perlu terlalu khawatir, cemas, atau bahkan putus asa ketika hal ini terjadi karena kali ini saya admin blog aka mmembagikan artikel tentang tips dan cara mengatasi permasalah yang terjadi pada burung kenari yang macet bunyi ini dengan cara cepat dan tepat, sehingga burung kenari kita yang tidak mau berbunyi menjadi aktif kembali berbunyi seperti semula.
Sebab Kenari Macet Bunyi
Sebelum membahas lebih lanjut tentang bagaimana cara mengatasi kenari macet bunyi, ada baiknya kita mengetahui apa sih yang sebenarnya menyebabkan kenari yang kita pelihara itu macet bunyi, sehingga kita dapat mengantisipasi permasalahan yang tejadi pada burung kita sesuai masalah yang terjadi sehingga tidak terjadi salah penangana dan berakibat fatal . Beberapa hal yang biasanya menjadi penyebab mengapa kenari tiba-tiba berhenti berkicau adalah karena burung kenari berada dalam masa mabung, bisa pula karena burung kenari kegemukan sehingga sulit berkicau, bisa pula karena terkena sakit tertentu, karena burung kenari merasa tidak nyaman dengan sangkarnya atau bisa pula dia tidak nyaman dengan lingkungan tempat kita meletakkan burung kenari. Akan tetapi bila hal-hal di atas tidak terjadi atau tidak dialami oleh burung kenari kita, dan bisa jadi kita memberikan pola perawatan yang salah sehingga kenari mengalami stress dan tidak ingin berkicau.

Cara Mengatasi Macet Bunyi pada Kenari
Setelah mengetahui permasalahan burung kenari yang kita tiba-tiba tidak berbunyi, maka dari itu kita harus mengetahui penyebab dan bagaimana cara mengatasi burung kenari yang sedang macet tidak mau berbunyi. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kenari macet bunyi yang bisa kamu lakukan.







1. Mengasingkan burung kenari dari burung kenari lain atau dari burung lain jenis peliharaan kita yang lain.
Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mengatasi kenari yang tidak mau berbunyi adalah dengan cara mengasingkan atau memindahkan burung kenari macet bunyi dari burung-burung lain yang sejenis dan burung lain yang bukan sejenisnya. Yang dimaksud dengan mengasingkani adalah memastikan burung kenari yang macet tidak melihat burung lain yang berjenis sama ataupun beda jenis, usahakan burung kanari yang macet tidak maliha burung lain terlebih dahulu karena kicauan burung kenari dan burung jenis lain yang kamu pelihara suapaya burung kenari yang macet bunyi tidak merasa tertekan atau ketakutan karena burung yang lain karena kemungkinan dianggap mengancamnya. Usahakn sebisa mungkin burung kenari yang macet di asingkan menyendiri dan tidak mendengar kicauwan burung-burung yang lain.
2. Memberi makan yang sehat berupa sayuran segar
Setelah dilakukan penanganan sesuai permasalahan burung kenari kita, bukan berarti kita harus mengabaikannya. Justru kita harus mengamati dengan lebih dibandingkan burung kenari yang lain. Yaitu dengan memberikan pakan kesukaan burung kenari kita seperti sayuran dan buah segar yang berbeda bila dibandingkan dengan kondisi biasanya supaya menamabah asupan nutrisi yang di perlukan oleh burung kenari kita.
3. Memberi makan telur puyuh rebus
Asupan makanan tambahan lainnya yang bisa kamu berikan bagi burung kenari yang sedang mengalami macet bunyi adalah telur puyuh rebus yang bisa kita berikan, karena telur banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang diperlukan burung kanari. Pemberian telur sebaiknya di berikan secara bergantian dengan pemberian sayuran, berikan telur kurang lebih seminggu dua kali saja.
4. Pengembunan
Pengembunan dilakukan di pagi hari ketika matahari belum terbit dan udara masih sangat sejuk, . Pengembunan ini sangat penting bangi semua jenis burung karena bisa menyejukkan dan merileksasikan burun sehingga burung menjadi lebih tenang dan menambah gairahnya lagi untuk berkicau kembali.
5. Memandikan
Setelah pengembunan lanjut Pemandian ini sangat penting bangi semua jenis burung, lakukan pemandian serutin mungkin karena ini bisa menambah kebugara dan menja kestah burung dari debu dan kutu Kita. bisa memandikan burung kenari yang sedang macet bunyi pagi dan sore hari dan pastikan saat memandikan cuaca bersahabat, sementara apabila cuaca tidak bersahabat kamu tidak perlu memandikannya. Setelah memandikan kita bisa menjemurnya sebentar saja dan di angin-anginkan di tempat yang sejuk. Setelah benar-benar kering burung di gantung kembali dimana biasa kita menempatkannya.
 6. Jemur di pagi hari
Melakukan penjemuran secukupnya baik sebelum dan sesudah dimandikan tidak perlu terlalu lama agar burung kenari terkena embun pagi dan sianar mata hari. Setelah menjemuran terus kita angin-anginkan sebentar dan kemudian di tempat-tempat yang sepi dari lalu lalang manusia untuk mengurangi tingkat stress yang dimiliki oleh burung kenari.
7. Pindah sangkar atau menggati sangkar baru
Pemindahan sangkar ini dilakukan karena kemungkinan kenari sudah tidak betah di sangkar yang lama sehingga membuat kenari macet bunyi, karena sangkar yang kotor, sangkar yang kekeclialn sehingga tidak layak lagi. Ukuran sangkar yang terlalu sempit juga dapat membuat kenari yang kita pelihara merasa stress dan akhirnya tidak mau berkicau. Oleh karena itu cara untuk mengatasinya adalah dengan memindahkan burung kenari ke sangkar yang lebih luas. Pastikan kita menjaga kebersihan sangkar supaya burung bisa terhindar dari penyakit yang tidak kita inginkan.
8. Pemakaian kerodong
Pemakaian kerodong pada sangkar untuk melindungi atau membatasi angin dan cahaya yang masuk ke dalam sangkar sehingga burung kenari dapat beristirahat dengan tenang ketika istirahat dan terhindar dari stress.
9. Memberi asupan multivitamin
Selain makanan yang baik dan berkualitas, kita juga bisa memberikan multivitamin khusus burung yang dapat membantu sistem imun tubuh kenari yang kita pelihara agar lebih kuat dan dapat melawan virus atau bakteri sehingga burung kenari yang kita miliki bisa selalu fit dan terhindari dari berbagai macam jenis penyakit. Pemberian Multivitamin bisa kita lakuakn dengan cara memberiakan buah, sayuran dan kita bisa memberikan multivitamin dalam bentuk obat tetes yang dijual di toko burungi.


EmoticonEmoticon