Cara Merawat dan Mengatasi Burung Cendet Macet Bunyi atau Malas Bunyi


Burung Cendet adalah burung predator yang gitras tetapi burung cendet merupakan spesies burung yang cerdas karena dapat menirukan hamppir semua suara burung lainnya. Burung Cendet memilki sifat teritorial dan cenderung galak karena di alam liar burung cendet/penten merupakan burung predato atau burung pemangsa.

Naaah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang burung cendet/pentet yang tidak mau berbunyi atau malas berkicau. Permasalahan ini sering di alami oleh semua pecinta burung cendet/penet baik yang masih pemula/baru maupun yang sudah lama bisa di bilang masternya pasti pernah mengalamin hal tersebut.  Cendet/pentet macet bunyi tentu saja mempunyai penyebab burung cendet/pentet tidak mau berkicau ? Beberapa masalah yang harus dihadapi pemilik burung pentet atau cendet yang macet bunyi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan cendet tidak mau berbunyi. Masalah atau penyakit yang paling ditakuti oleh para pencinta burung ialah ketika burung pentet peliharaannya yang pada awalnya mampu berkicau merdu tiba-tiba menjadi malas untuk berkicau. Permasalahan ini bagi penghobi cendet yang masih pemula atau awam, hal ini akan menjadi masalah yang sangat rumit. Karen tiba-tiba burung cendet/pentet berubah menjadi giras dan mogok bunyi tanpa sebab yang jelas dan bahkan ada sering salto. Burung cendet/pentet yang salto dan tidak mau bunyi adalah tanda-tanda burung tersebut mengalamin stres atau kondisi yang kurang vit. Burung dalam kondisi ini tidak nyaman terhadap sesuatu atau pola perawatan yang berkurang, bahkan merasa ketakutan dengan ke adaan sekitar dan pola perwatan yang kurang menjadikan burung bertambah stres, burung tidak hanya berhenti bunyi namun bisa juga jadi Salto dan Mbagong/Mbalon apabila ada sesuatu yang mendekat atau sesuatu yang di takuti.

Beberapa penyebab burung cendet tidak mau berbunyi dan penangannanya sebagai berikut:
1. Burung Mengalami Stres
burung cendet bisa tiba-tiba macet berbunyi jika karena stres. Stres yang dialami burung cendet bisa karena salah perawatan ataupun adanya perubahan terhadap lingkungan. Misalnya saja burung cendet baru saja dipindahkan dari tempat biasanya atau burung yang baru kita beli dari orang lain dan perawatan yang berbeda dari yang sebelum pemilik yang pertama. Dari yang awalnya di pemilik pertama gacor rajin bunyi setelah sampai di rumah kita cuam toet toe aja tidak mau mengluarkan isiannya atau kita salah menaruk tempat misalnya kita bisa menggantungnya di dalam rumah aman tiba-tiba diletakkan di luar rumah yang banyak angin atau pemangsa sepeti tikus dan kucing. Itu bisa berpengaruh terhadap kesetresan yang dialami oleh burung cendet. Selain itu perubahan iklim juga berpengaruh terhadap burung cendet. Apalagi musim hujan yang bisa mendatangkan dingin pada burung cendet bisa mengakibatkan burung cendet macet bunyi.

2. Burung Sedang Sakit
Jika burung cendet tidak mengalami perubahan apapun bisa jadi burung cendet Sakit. burung cendet cenderung akan diam jika sedang sakit. Tiba-tiba ia akan macet untuk berbunyi. Hal semacam ini harus disadari oleh pemilik burung cendet. Jika burung cendet sakit pemilik harus menanganinya segera. Karena jika dibiarkan kondisi burung cendet bisa semakin parah dan akan berbahaya bagi kelangsungan hidupnya. Kita bisa memberikan vitamin tambahan yang dapat kita bel.i di kios burung yang banyak tersebar dan banyak mereknya.

3. Burung Merasa Takut
Burung cendet tidak tenang dan mudah ketakutan terhadap sesuatu atau benda yang tidak dikenal. Namun ada juga yang sering ketakutan dengan sesuatu atau benda yang tidak dikenal atau salah menaruk tempat misalnya kita bisa menggantungnya di dalam rumah aman tiba-tiba diletakkan di luar rumah yang banyak angin atau pemangsa sepeti tikus dan kucing yang bisa berpengaruh terhadap kesettresan yang dialami oleh burung cendet. Selain itu perubahan iklim juga berpengaruh terhadap burung cendet. Apalagi musim hujan yang bisa mendatangkan dingin pada burung cendet bisa mengakibatkan burung cendet macet bunyi. Burung cendet yang sering merasa takut biasanya adalah burung cendet yang Belum terbiasa dengan tempat barunya. Hal inilah yang membuat burung cendet merasa takut. burung cendet menganggap bahwa orang yang lalu lalang adalah ancaman bagi dirinya. Selain orang atau hewan burung cendet juga tidak menyukai suara keramaian. Ini juga bisa membuatnya ketakutan.

4. Burung Memaakan Serangga Beracun
Makanan utama burung cendet adalah serangga. Maka makanan utama ini terkadang bisa membuat Cendet macet bunyi. Terkadang tidak sengaja burung cendet memakan serangga beracun karena tidak sengaja serangga tersebu terbang menghampiri sangakar burung cendet dan kemudian dimakan oleh burung kita. Memakan serangga beracun bisa menyebabkan burung cendet mengalami gangguan pencernaan bahkan juga infeksi pada tenggorokan. Inilah yang bisa menyebabkan burung cendet macet untuk berbunyi.

5. Burung Kurang Perawatan
Burung cendet adalah burung yang sensitif. Jika merasa dirinya kurang dirawat baik nutrisi atau perawatan yang berbeda dari sebelumnya makan ia akan mengurangi kicaunnya bahkan sampai macet bunyi. Hal semacam ini lumrah terjadi pada cendet apalagi ada yang pemiliknya kurang memperhatikan perawatannya. Jika anda memiliki burung cendet sebaiknya anda bisa lebih sensitif dan mengerti kemauan burung cendet. Terutaman dalam pemberian EF dan pola pemandian yang tepat akan membuat burung cendet kita tetap setabil berbunyi.
6. Burung Masih Baru atau Bakalan tangkapan dari hutan
Burung cendet bakalan atau yang baru beberapa saat berbaur dengan manusia, akan membutuhkan waktu untuk beradaptasi (menyesuaikan diri dengan lingkungan baru). Biasanya ini terjadi pada burung yang baru ditangkap dari hutan sehingga mengalami mental yang berantakan ketika harus masuk ke dalam sangkar.

Sara dari saya jangan pernah membeli burung yang dari hasil tangkapan dari hutan supaya para pedagan tidaak menangkap indukkan burung cendet yang akan mengakibatkan kepunahan. Kita beli anakannya saja supaya burung cendet tetap lestari terimakasi.

Latest


EmoticonEmoticon