Cara Mengatasi Lovebird Balibu Kepo atau Nakal saat Lomba

Cara Mengatasi Lovebird Balibu Kepo dan Nakal atau ngejar lawan saat di Lombakan 

Burung Lovebird yang tergolong pada genus Agapornis ini memang memiliki tampilan fisik yang cukaup cantik untuk memikat pecinta burung. Disamping keindahan yang terletak pada tubuhnya, burung berparuh bengkok ini ternyata juga menyimpan suara yang cukup merdu. Ngekek berdurasi panjang dan beriramma adalah ciri khas dari suara lovebird. Sehingga burung lovebird sekarang banyak yang di lombakan di ataranya lovebrid dewasa dan lovebird paud atau balibu. Memang tidak semua burung yang akan kita lombakan bisa sesuai dengan apa yang kita harapakan di arena lomba terutaman lovebird paud atau balita. Seperti sifat seorang anak, lovebird balibu juga masih banyak bermain. Karakter atau sifatnya yang ingin tahu dan kadang tidak mau menerima keberadaan burung lain disekitarnya bahkan lama kelamaan akan luntur menjadi ingin di cintai oleh burung lain sehuingga membuat burung kita menjadi kepo saat di arena perlombaan, sehingga karakter lovebird seperti ngekek panjang yang sudah terlatih lama lama mulai berkurang dan tidak mau berbunyi bahkan sampai muter-muter di ruji sangkan. Sebab, sifat nya mulai berubah, faktor kecenderungan burung mulai mengenal ketertarikan pada burung lain. Namanya juga hidup kadang normal kadang tidak hal ini tentunya harus kita perhatikan jangan sampai berkelanjutan khususnya dalam keadaan tidak normal. Memelihara lovebird anakan memang baik untuk mencetak karakter lovebird sejak dari usia dini. Memang memerlukan waktu cukup lama untuk membuat Lovebird balibu atau paud bisa cepat fighter serta ngekek panjang pada saat berada di lapangan. Proses perawatan lovebird ini juga tidak mudah. Namun terkadang memelihara lovebird usia anakan juga mengalami berbagai masalah. Diantaranya lovebird kepo atau nakal. Mengatasi lovebird balibu kepo juga perlu anda lakukan.



Mengatasi Lovebird Balibu Kepo atau Nakal Saat Lomba
  1.  Mengasingkan burung lovebird dari burung lovebird lain atau dari burung lain jenis peliharaan kita yang lainLangkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mengatasi lovebird yang kepo  adalah dengan cara mengasingkan atau memindahkan burung Lovebird dari burung-burung lain yang sejenis dan burung lain yang bukan sejenisnya. Yang dimaksud dengan mengasingkani adalah memastikan burung lovebird yang kepo tidak melihat burung lain yang berjenis sama ataupun beda jenis. Usahakn sebisa mungkin burung lovebird di asingkan menyendiri dan tidak mendengar kicauwan burung-burung yang lain.
  2. Memberi EF berupa makan yang sehat berupa sayuran segar. Pemberian EF ini kita harus mengamati sesuai keperluan burung lovebrid. Dengan memberikan pakan kesukaan burung lovebird kita seperti sayuran dan buah segar yang berbeda bila dibandingkan dengan kondisi biasanya supaya menamabah asupan nutrisi yang di perlukan oleh burung kita.
  3. Pengembunan. Pengembunan ini dilakukan di pagi hari ketika matahari belum terbit dan udara masih sangat sejuk. Pengembunan ini sangat penting bangi semua jenis burung karena bisa menstabilkan birahi burung dan merileksasikan burung sehingga burung menjadi lebih tenang dan menambah gairahnya untuk berkicau.
  4. Memandikan. Setelah pengembunan lanjut Pemandian ini sangat penting bangi semua jenis burung, lakukan pemandian serutin mungkin karena ini bisa menambah kebugara dan menja kesehatantah burung dari debu dan kutu. Kita bisa memandikan burung lovebird pagi dan sore hari dan pastikan saat memandikan cuaca bersahabat, sementara apabila cuaca tidak bersahabat kita tidak perlu memandikannya. Setelah memandikan kita bisa menjemurnya, usahakan menjemur di letakkan di bawah dan pastikan aman dari pemangsa seperti kucing dan binatang lain. Penjemuran cukup dilakukan sebentar saja dan di angin-anginkan di tempat yang sejuk. Setelah benar-benar kering burung di gantung kembali dimana biasa kita menempatkannya.
  5. Jemur di pagi hari. Melakukan penjemuran secukupnya baik sebelum dan sesudah dimandikan tidak perlu terlalu lama agar burung terkena embun pagi dan sianar mata hari. Setelah menjemuran terus kita angin-anginkan sebentar dan kemudian di tempat-tempat yang sepi dari lalu lalang manusia untuk mengurangi tingkat stress yang dimiliki oleh burung kenari.
  6. Memberi asupan multivitamin. Selain makanan yang baik dan berkualitas, kita juga bisa memberikan multivitamin khusus burung yang dapat membantu sistem imun tubuh burung yang kita pelihara agar lebih kuat dan dapat melawan virus atau bakteri sehingga burung yang kita miliki bisa selalu fit dan terhindari dari berbagai macam jenis penyakit. Pemberian Multivitamin bisa kita lakuakn dengan cara memberiakan buah, sayuran dan kita bisa memberikan multivitamin dalam bentuk obat tetes yang dijual di toko burungi.
  7. Memberikan krodong dobel tiap masuk rumah.Jangan lupa untuk memberikan krodong dobel tiap masuk ke dalam rumah untuk beristirahat. Tujuannya yaitu untuk mengurangi gangguan yang disebabkan mendengar burung lain. Selain itu juga untuk mengurangi interaksi mengenalkan sifat birahi burung lovebird.
  8.  Pemasteran. Pemasteran ini sangat pentuing untuk melatik burung sehingga burung yang kita miliki bisa menirukan masteran yang kita berikan. Pemasteran bisa kita berikan dengan penggunaan Mp3 atau burung masteran dengan full masteran tiap di masukan rumah. (Memfokuskan burung untuk tetap stabil, menghindarkan gangguan karena suara burung - burung yg terkesan nakal dan yang utama nya menjaga burung tetap fighter).
  9. Keluar kan burung secara bertahap baik pagi maupun sore. Maksut nya memisahkan burung dengan jarak aman tanpa memperkenalkan fisik dan sifat burung lain nya. (Agar burung tetap latah dan punya gengsi).
  10. Turunkan sifat penasaran yang mulai dikenal burung. Dengan memandikan burung secara bersama di malam hari dan mempertemukan nya dengan waktu agak lama/masuk lebih malam. Bertujuan menghilangkan penasaran dan mengantisipasi/membiasakan burung agar tidak mudah tertarik kepada lawan di gantangan.
  11. Sering-sering membawanya ketempat ramai atau ke gantangan untuk mengenalkan tempat baru kepada lovebird kita agar lovebird tidak mudah stress sehingga lovebird pun tidak akan cemas ketika digantang serta lovebird pun akan mudah adaptasi saat berada dikeramaian saat di gantangan.


EmoticonEmoticon