Cara Mengatasi Cendet Mbalon atau Membagong, dengan penangannanya yang cepat


Cara Mengatasi Cendet Mbalon atau Membagong, dan cara cepat penangannanya
Cendet/Pentet  merupakan salah satu burung kicau yang memiliki suara kicau yang indah dan bervariasai karena burung cendet/pentet bisa menirukan suara burung lainnya. Tergantung pada kecerdasan yang dimilki oleh si burung tersebut dan tidak lupa melakukan perawataan dan pemasteran yang maksimal untuk membuat burung cendet/penten yang kita miliki dapat membanggakan juragan atau pemiliknya. Burung cendet/pentet adalah salah satu jenis burung kicauan yang memiliki sifat fighter. Dalam pemeliharaan burung cendet pastinya pemiliki juga sering menumpai permasalahan pada burung cendet. Diantaranya yaitu burung cendet sering mbalon atau membagong. Sehingga kita harus tahu penyebab dan cara mengatasi cendet sering mbalon. Mbalon atau membagong pada umumnya terjadi pada saat cendet/pentet didekati maupun dikudang oleh pemiliknya maupun oranglain. Bahkan mbalon juga dapat terjadi pada waktu cendet bertemu musuhpada saat dilombakan ataupun Cuma di trek bersama teman satu hobi. Perilaku seperti ini ditandai dengan cendet mengembangkan semua bulunya, mengangkat ekor, bahkan terkadang sampai turun ke dasar sangkar dan menggesek-gesekkan pada dasar maupun sudut sangkar.


Berikut ini penyebab burung cendet yang sering mbalon dan penangannya.

1. Burung Cendet Kurang Fit
Penyebab cendet sering mbalon yang pertama yaitu karena burung kurang fit. Kurang fit bisaterjadi karena burung tersebut kekurangan nutrisi. Dalam mengatasi cendet sering mbalon anda bisa memberikan rawatan harian yang baik dan benar pada burung cendet anda. Perawatan yang harus kita lakukan di antaranya adalah melakukan Pengembunan  pada pagi hari juga bisa dilakukan pengembunan. Pengembunan bisa anda lakukan dari jam 05.00 sampai jam 70.00 saat burung siap di mandikan di pagi hari. pengembunan sangat bermanfaat untuk menurunkan birahi burung cendet/pentet. Se telah pengembunan kita bisa lanjut memandikan secukupnya dan menjemurnya. Untuk burung cendet Mbalon kita harus tambah folume penjemuran secara bertahap setiap hari misal hari ini 1jam besok 1.30menit begitu juga seterusnya karena burung cendet terbiasa hidup di daerah panas seperti di Madura.

2. Perawatan yang Salah
Cendet sering mbalon juga bisa disebabkan karena perawatan yang salah. Perawatan yang salah dimaksud yaitu perawatan yang tidak disesuaikan dengan karakter serta kondisi cendet. Misalnya saja dalam perawatan sehari-hari, pemberian pakan burung cendet atau masalah pemandian. Dalam merawat burung cendet kita harus sabar dan telaten, jangan sekali-kali kita mengasari burung cendet peliharaan kiat misalnya, kita gembrak menggunakan tangan karena mungkin burung cendet  mematuk tangan kita atau kita kagetkan karena burung kita miyik atau manja, karena ketika kita menkasari burung cendet maka burung tersebut akan mengingat perbuatan kiat sehingga suatu ssat burung tersebut ketika saat kita dekati menjadi takut dan turun kedasar sangkar dan mbalon. 

3 . Mencari setelan EF:
Cari setelan EF yang paling pas untunk burung cendet/pentet. Cara mengatasi Burung Cendet/Pentet Mbalon. Burung cendet yang kelebihan EF, akan berdampak besar terhadap birahi burung cendet/pentet sekalipun hanya satu ekor jangkrik saja, sangat berpotensi menyebabkan cendet birahi sehingga menyebabkan salto. Bila burung cendet/pendet anda kelebihan birahi mak cukup mengurangi EF. Burung cendet yang kekurangan EF, akan berdampak sebalinya yaitu burung aka terliah kurang bergairah dan mengembungkan bulu-bulunya. Maka dari itu kita perlu menambah setelan EF pada burung  cendet/pentet kita yang sedang mbalon, yaitu dengan cara menambah jangkri yang biasanya pemberian jangkri pagi 3 sore 3 menjadi pagi 5 sore 5 jangan sampai lelah untuk mengotak-atik setelan EF yang benar-benar pas dan bereksperimen untuk mendapatkan setelan yang paling pas untuk burung cendet/pentet. (catatan "setiap burung cendet/pente  mepunyai karakter dan setingn EF yang berbeda-beda")

4. Full kerodong
Penanganan pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi cendet yang Mbalon dan mogok bunyi tersebut adalah mengerodongnya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya kondisi burung tidak semakin parah sehingga penanganannya pun akan bertambah berat. Pengerodongan ini bisa dilakukan dalam waktu yang tidak bisa ditentukan karena harus melihat kondisi burung. Jika burung telah mengalami perkembangan, pengerodongan bisa dihentikan dan dilakukan ketika malam hari saja.


EmoticonEmoticon